Diberdayakan oleh Blogger.
  • Enter Slide 1 Title Here

    This is slide 5 description. Go to Edit HTML and find this content. Replace it your own description.

  • Enter Slide 2 Title Here

    This is slide 5 description. Go to Edit HTML and find this content. Replace it your own description.

  • Enter Slide 3 Title Here

    This is slide 5 description. Go to Edit HTML and find this content. Replace it your own description.

  • Enter Slide 4 Title Here

    This is slide 5 description. Go to Edit HTML and find this content. Replace it your own description.

  • Enter Slide 5 Title Here

    This is slide 5 description. Go to Edit HTML and find this content. Replace it your own description.

  • Enter Slide 6 Title Here

    This is slide 5 description. Go to Edit HTML and find this content. Replace it your own description.

Sabtu, 02 November 2019

10 fakta dan mitos Haid

Posted by Zaiseinen On 02.36

10 Fakta dan Mitos Soal Haid Ini Wajib Cewek Tahu. Biar Damai Menyambut Tamu Bulananmu





Hai Sobat Zai, setiap bulan, kira-kira selama 5-7 hari, kamu akan kedatangan tamu yang membuat hari-harimu sedikit berbeda. Mulai dari nafsu makan yang tiba-tiba meningkat, nyeri perut dan badan pegal-pegal, sampai sederet larangan ini itu yang membuatmu tak sebebas biasa. Yup. Masa-masa haid, adalah masa-masa khusus dan sedikit rumit, yang hanya diketahui rasanya oleh cewek.

Konon katanya, saat kamu haid kamu nggak boleh berenang, nggak boleh minum es, bahkan nggak boleh tidur siang. Katanya sih bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala sampai kanker rahim. Nah, untuk kamu para ladies, banyak lho di antara aturan-aturan itu yang hanya mitos. Apa aja sih? Kali ini Hipwee sudah mengumpulkan beberapa data tentang fakta dan mitos tentang datang bulan. Semoga berguna ya.









1. Menstruasi bukan berarti kamu harus nahan rambut lepek hanya karena keramas saat haid bikin sakit kepala

Konon katanya saat kamu datang bulan, pori-pori kulit kepalamu terbuka lebar. Sehingga kalau kamu keramas nanti akan menyebabkan sakit kepala. Sampai sekarang nggak ada penelitian yang mendukung pernyataan ini. Jadi kamu boleh-boleh aja keramas. Lagian nggak kebayang juga kan kalau kamu nahan keramas selama seminggu. Duh, itu ketombe udah ke mana-mana. Selain itu, saat haid kamu justru harus lebih menjaga kebersihan demi kesehatan. Keramas adalah salah satu hal yang justru harus kamu lakukan. Kalau rambutmu bersih dan wangi, kamu juga lebih nyaman dan percaya diri kan?

2. Minum air es saat siang bolong untuk meredakan dahaga juga boleh kamu lakukan kok meski kamu sedang haid


Ada yang bilang bahwa minuman dingin bisa menghambat haid, bahkan membuat darah haid membeku dan akan mengeras di dinding rahim. Ini juga nggak ada dasar ilmiahnya sih. Proses haid kamu ditentukan oleh hormone Estrogen dan progesterone. Kalau misalnya haidmu terhabat, biasanya disebabkan oleh faktor fisik, psikis, atau penyakit tertentu.

Sebaliknya, minum soda juga nggak akan mempercepat proses haid lho. Malahan kamu nggak disarankan mengonsumsi soda terus-terusan karena itu nggak bagus untuk keseimbangan nutrisi tubuh. Kalau nutrisi tubuhmu nggak seimbang, bisa jadi siklus haidmu juga terganggu.

3. Kebanyakan orang nggak berenang saat haid bukan karena takut kenapa-napa, tapi emang nggak nyaman aja


ntuk nggak berenang saat lagi dapet. Bukan karena konon katanya itu bisa menyebabkan kemandulan. Tapi karena memang rasanya kurang nyaman aja kalau lagi haid dan nyemplung air. Tapi kalau kamu nyaman dengan pembalut yang kamu gunakan, dan merasa nggak ada masalah, ya nggak apa-apa kamu berenang.

4. Siap-siap berat badan naik, karena menjelang menstruasi nafsu makanmu akan meningkat drastis


Kamu pernah merasa pengin ngemil melulu menjelang dan selama haid? Yak, itu memang bukan mitos. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa perempuan rata-rata mengonsumsi 110-500 kalori lebih banyak menjelang masa haid. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormone. Nah, sekarang tinggal kamu yang pandai-pandai mengontrol nafsu makanmu, kalau nggak mau badan jadi melar selama haid.

 


 


5. Darah yang kita keluarkan selama haid sebenarnya maksimal cuma 1 cangkir lho, jadi nggak akan bikin kamu lemas berhari-hari


Saat kamu merasa lemas selama haid, mungkin kamu berpikir bahwa itu karena kamu kekurangan darah. Wajar, kan kamu sedang “membuang darah”. Tapi sebenarnya ini nggak ada hubungannya lho. Pertama, karena darah yang kamu buang adalah darah kotor, yang nggak dibutuhkan oleh tubuh. Kedua, Darah yang kamu keluarkan rata-rata hanya 35ml/hari atau sekitar 3-6 sendok makan. Jadi seharusnya itu nggak membuatmu lemas. Kalau kamu sering merasa lemas saat haid, kemungkinan ada faktor lain.

6. Kalau kamu bukan orang yang suka minum susu, kamu lebih sering mengalami nyeri haid

Nyeri haid memang sangat menyiksa. Rasanya bikin malas ngapa-ngapain. Kadang sakitnya sampai bikin perut terasa kram dan kamu nggak bisa gerak. Tapi tingkat nyeri haid yang dialami masing-masing perempuan nggak sama. Ada yang nyeri bange banget sampai mau pingsan, ada juga yang malah nggak mengalaminya. Nyeri haid ini disebabkan oleh banyak hal. Selama masih dalam tahap wajar, nggak perlu ada yang dikhawatirkan. Tapi kalau nyeri haid mulai nggak wajar, dan terus berlangsung bahkan sampai selesai haid, itu patut kamu waspadai. Untuk mengurangi nyeri haid, yuk konsumsi susu sehat. Magnesium dan kalsium yang terkandung dalam susu, menurut penelitian, dapat mengurangi rasa nyeri selama haid.

7. Sifat mendadak sensitive dan suka marah-marah sama pacar saat haid memang benar adanya. Banyak faktor penyebabnya.


Mungkin selama ini kamu bertanya-tanya apakah PMS itu benar-benar ada atau Cuma sugesti dan dibesar-besarkan aja sih? Benar-benar ada, ladies. PMS terjadi karena perubahan hormone dalam tubuh perempuan bukan hanya menyebabkan perubahan fisik, tapi juga perubahan psikis. Selain itu, haid juga menimbulkan beberapa rasa nggak nyaman buat kamu, mulai dari nyeri perut, sakit punggung, pegal-pegal, jerawatan, dan banyak lagi. Nah sekarang kalau sudahlah perutmu lagi sakit banget, seluruh badan pegal semua, eh pacarmu malah nyari masalah. Nggak kuat, udah.

8. Kalau tamu bulananmu datang terlambat atau lebih cepat, mungkin kamu lagi stress akut


Banyak faktor yang dapat memperngaruhi siklus haid seseorang. Faktor fisik bids terjadi jika nutrisi dalam tubuh tidak seimbang. Sudah terbukti bahwa berat badan seseorang sangat mempengaruhi siklus haid. Bisa juga karena kelelahan. Stress juga nggak kalah berpengaruh pada siklus haid. Saat kamu sedang banyak pikiran, atau mengalami rasa cemas yang berlebihan, otak akan melepaskan hormone stress yang bisa membuat tamu bulananmu datang lebih cepat atau lebih lambat.

 


9. Berhubungan seksual saat haid juga bisa menyebabkan kehamilan lho. Bahkan masa subur bisa terjadi di tengah-tengah masa haid juga.


Konon katanya kalau berhubungan seksual nggak akan membuatmu hamil. Ini nggak benar. Masa subur perempuan berhubungan dengan pelepasan sel telur dari ovarium. Dan itu bisa saja terjadi saat masa haid. Selain itu, saat haid gairah seksual perempuan justru akan meningkat, karena hormone progesterone kamu dalam kondisi yang rendah. Hormon progesterone ini hormone yang menekan hasrat seksual. Tapi meskipun begitu, berhubungan seksual di masa hadi nggak dianjurkan karena masalah ke-higienisan.

10. Katanya makhluk halus suka mendekat ke cewek karena aroma darah. Hiiii…. Padahal kan makhluk halus emang ada di mana-mana


Meskipun di era modern begini haid bukan lagi hal tabu dan nggak selamanya mengganggu aktivitas perempuan, ternyata masih banyak lho yang menganggap masa haid adalah masa-masa ‘kotor’ perempuan. Karena darah yang kita keluarkan membuat kita berbau amis. Konon katanya juga karena darah inilah, makhluk halus jadi suka dekat-dekat ke perempuan haid. Hiii….Padahal kan makhluk halus memang ada di mana-mana nggak peduli kamu lagi haid atau nggak. Saat ini, barangkali di sebelahmu…….nggak jadi deh.

Nah ladies, itu dia fakta dan mitos tentang haid yang harus kamu ketahui. Jangan langsung percaya aja ya kalau ada yang melarang atau menyuruh ini itu. Cari tahu dulu kesahihannya, dan kalau bisa, berkonsultasilah ke dokter.


Cara memelihara kesehatan telinga

Posted by Zaiseinen On 02.25
                                  Cara memelihara kesehatan telinga


                                         
      Hai Sobat ZAI…Sebelum menjelaskan mengenai cara menjaga kebersihan telinga, perlu kita ketahui bahwa kotoran telinga pada umumnya bersifat lunak dan merupakan produksi alami dari kelenjar minyak dari liang telinga.

     Kotoran telinga ini justru berfungsi untuk melindungi telinga karena bisa memerangkap debu, melindungi air agar tidak masuk telinga, hingga menghambat pertumbuhan kuman. Meski begitu, beberapa manfaat kotoran telinga di atas dapat dirasakan apabila jumlah kotorannya tidak berlebihan.
       Apabila kotoran di telinga terlalu banyak, hal itu bisa menyumbat telinga hingga menyebabkan gangguan pendengaran, hingga nyeri pada telinga. Lantas, bagaimana cara merawat kesehatan telinga yang tepat?
        Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan telinga yang bisa Anda lakukan, di antaranya:
1. Hindari penggunaan cotton bud

       Banyak orang menganggap bahwa cotton bud bisa digunakan untuk membersihkan telinga bagian dalam. Padahal, kebiasaan memberikan bagian dalam telinga menggunakan cotton bud adalah sesuatu yang tidak disarankan, karena berisiko membuat kotoran telinga terdorong ke dalam.

       Alih-alih demi kesehatan telinga, aktivitas ini justru berisiko merusak gendang atau saluran telinga. Kondisi ini membuat kotoran telinga mengendap pada saluran telinga.
2. Bersihkan area daun telinga saja

     Setelah Anda mendapatkan penjelasan bahwa menjaga kesehatan telinga menggunakan cotton bud adalah sesuatu yang berisiko, maka tips menjaga kesehatan telinga yang aman adalah bersihkan bagian daun telinganya saja.
        Perlu Anda ketahui, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Bulu-bulu halus yang ada di telinga dan bentuk telinga yang bersudut dapat menjaga debu dan kotoran yang berlebih.
3. Menjaga telinga tetap kering

         Cara menjaga kesehatan telinga yang satu ini sering kali tidak menjadi perhatian serius.  Padahal, telinga yang terlalu lembap memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalam saluran telinga. Jika kondisi ini sering dialami, hal itu bisa menyebabkan infeksi (otitis eksterna).

       Oleh karenanya, memastikan kondisi telinga kering harus menjadi perhatian terutama bagi Anda yang memiliki hobi berenang. Segera miringkan kepala jika ada air yang masuk ke telinga Anda.
4. Hindari penggunaan ear candle

         Sepertinya halnya cotton bud, banyak orang masih menganggap bahwa ear candle bisa membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga. Padahal, cara ini tidak terbukti efektif namun justru menyebabkan cedera akibat pembakaran yang terjadi dan tersumbatnya saluran telinga.
5. Jaga telinga dari paparan suara keras

          Mengupayakan kesehatan telinga tetap terjaga dengan baik yang paling mudah adalah menghindari telinga dari suara keras. Terlalu lama mendapatkan paparan suara keras bisa memengaruhi pendengaran, bahkan berisiko membuat Anda tuli. Jika kondisi memaksa Anda berada di lingkungan yang bising, gunakanlah pelindung telinga.
             Meski begitu, cara menjaga kesehatan telinga ini sering diabaikan. Padahal telinga mempunyai kemampuan untuk mendengar suara. Tidak semua suara dalam kategori aman untuk didengarkan.
6. Batasi penggunaan earphone
               Selain dari lingkungan, paparan suara keras juga bisa bersumber dari penggunaan earphone. Padahal, kebiasaan menggunakan earphone berisiko menyebabkan gangguan pendengaran.

         Agar kesehatan telinga tetap terjaga, langkah utama yang harus Anda lakukan adalah tidak menggunakan earphone lebih dari satu jam. Hal penting lainnya yang perlu dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan telinga adalah mengatur volumenya.
       Aturan aman yang bisa Anda ikuti demi menjaga kesehatan telinga adalah 60/60, yaitu batas volume tidak lebih dari 60 % dan tidak menggunakan lebih dari 60 menit.

7. Obat tetes telinga


       Cara menjaga kesehatan telinga yang satu ini bisa dilakukan dengan menggunakan obat tetes telinga yang dijual bebas di pasaran. Pada umumnya, 5 menit setelah obat tetes telinga digunakan, Anda bisa menegakkan posisi kepala seperti semula.
             Sementara itu, tiga hari setelah Anda menggunakan obat tetes telinga, miringkan kepala dan teteskan air hangat pada telinga yang bermasalah, setelah itu miringkan kepala ke sisi lain untuk mengeluarkan kotoran. Jangan lupa keringkan saluran telinga dengan benar.
                 Proses ini mungkin saja bisa dilakukan berulang kali hingga kotoran telinga keluar. Akan tetapi, jangan gunakan metode ini apabila terdapat infeksi atau pernah menjalani operasi telinga. Apabila kotoran telinga tidak berkurang, segera periksan ke dokter karena cara ini berisiko membuat kotoran masuk ke dalam saluran telinga.

8. Menggunakan ear syringe

          Ear syringe adalah sebuah alat berbentuk bulat yang dapat menyemprotkan air ke dalam telinga. Cara ini tidak bisa dilakukan pada orang yang memiliki lubang di gendang telinga.
        Perlu diketahui, apabila dalam membersihkan sumbatan kotoran telinga membutuhkan alat tertentu secara manual, sebaiknya hal ini dilakukan oleh dokter. Jika ingin mengetahui cara menjaga kesehatan telinga yang aman dan nyaman, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter THT.

Pemeriksaan Rutin ke Dokter

              Setelah Anda mendapatkan penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan telinga seperti di atas, hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT).
           Pada umumnya, masalah pendengaran berkembang secara bertahap, kondisi ini membuat Anda harus memastikan kondisi telinga dari waktu ke waktu. Tes awal pendengaran perlu dilakukan sehingga Anda dapat mengukur dan mengambil tindakan yang tepat.
               Selain itu, pemeriksaan telinga juga dilakukan guna memastikan ada tidaknya penumpukan kotoran telinga di dalam telinga. Jika terdapat kotoran, maka telinga Anda harus dibersihkan.

              Biasanya dokter dapat mengeluarkan kotoran telinga dengan alat sedot (suction) atau merekomendasikan irigasi telinga, yaitu pengaliran air bertekanan untuk mengeluarkan kotoran di telinga.sekian,semoga bermanfaat;)


Jumat, 08 Februari 2019

Contoh Iklan Layanan Masyarakat PYEE VII 2019

Posted by Zaiseinen On 10.09
Ini adalah contoh Iklan Layanan Masyarakat


Materi PYEE VII

Posted by Zaiseinen On 08.25

  • Materi Kepemimpinan, langsung klik di link berikut :
https://drive.google.com/file/d/0BwGinxHaPsegR0oycmt2bERvZW8/view


  • Materi PRS, langsung klik di link berikut :
https://drive.google.com/open?id=1z1k7rytLW2hb3OTzTRPUA1TvYOXuQeb6


  • Materi ASB, langsung klik di link berikut :
https://drive.google.com/file/d/0BwGinxHaPsegVjY5c0xXLURaLTQ/view



  • Materi Gerakan Kepalangmerahan, langsung klik di link berikut:
https://drive.google.com/file/d/0B6C30wweppYdYUZtZGFpcW1WRTg/view


   • Materi Hukum Perikemanusiaan Internasional, langsung klik di link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1oKttnRj4SAZdes78IYBcUX2JDfGCmqo2/view?usp=drivesdk



SEMANGAT!!





Kamis, 07 Februari 2019

Link youtube video intro Iklan Layanan Masyarakat PYEE VII 2019

https://youtu.be/z8l2EZn1cc8
Link youtube video contoh pembuatan kokedama PYEE VII 2019

https://youtu.be/-EGEBTARk8A

Jumat, 01 Februari 2019

Intro Iklan Layanan Masyarakat PYEE VII 2019

Posted by Zaiseinen On 08.54
Video pembukaan (intro) Iklan Layanan Masyarakat PYEE VII 2019. Video ini wajib dicantumkan untuk pembukaan (intro) Iklan Layanan Masyarakat.

Blogger news

Blogroll

About