Kegiatan Donor Darah Sukarela Berhasil Memeriahkan HUT SMA Negeri 1 Ajibarang Ke-40 Tahun

 

Baru-baru ini PMR WIRA SMAN 1 Ajibarang atau yang biasa dikenal dengan Zaiseinen telah mengadakan Donor Darah Sukarela (Dorela) yang bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Kabupaten Banyumas tepatnya pada Rabu, 28 Februari 2024.

Pada Dorela kali ini PMR WIRA SMAN 1 Ajibarang mengambil tema "Tidak ada sukacita yang lebih besar selain menyelamatkan jiwa".

Donor darah atau sumbang darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Adapun manfaat donor darah adalah sebagai berikut:

• Dapat mengecek kesehatan

• Mengurangi risiko serangan jantung

• Mengurangi penyimpanan zat besi berbahaya

• Mengurangi risiko kanker

• Membantu hati tetap sehat

Donor Darah Sukarela ini diikuti oleh seluruh warga SMAN I Ajibarang baik Bapak/Ibu guru, karyawan, serta siswa/siswi dan pendonor luar sekolah dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu: berusia 17 tahun ke atas, berat badan minimal 45 Kg dan beberapa syarat medis lainnya. Terdapat 84 orang yang mendaftar. Ada 42 pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya dan 42 juga yang gagal mendonorkan darahnya. Dikatakan oleh petugas medis unit Donor Darah (UDD) Kabupaten Banyumas bahwa penyebab kegagalan para pendaftar disebabkan oleh tekanan darah yang kurang atau melebihi batas normal dan kadar Hemoglobin (Hb) yang tidak sesuai.

pada kesempatan Dorela kali ini karena dibarengi dengan acara spesial HUT SMA Negeri 1 Ajibarang Ke-40 tahun, kami menyediakan 20 gift untuk pendonor luar yang berhasil mendonor, dan juga bagi pendonor pertama kali di umur 17 tahun yang berhasil mendonor.

Kegiatan Dorela berlangsung dengan lancar, walaupun ada beberapa pendonor yang mengalami efek samping setelah mendonor baik itu badan terasa lemah, pusing atau mual, hal itu wajar karena adanya reaksi hipovolemia (tekanan darah turun mendadak pasca donor). Namun, bukan berarti sering donor darah membuat tekanan darah menjadi rendah.


Komentar