LATIHAN GABUNGAN PMR WIRA SMAN 1 AJIBARANG DAN PMR WIRA SMAN 1 BATURRADEN DENGAN PEMATERI DARI PMI BANYUMAS

Baru-baru ini PMR WIRA SMAN 1 Ajibarang atau yang biasa dikenal dengan Zaiseinen telah melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan bersama PMR WIRA SMAN 1 Baturraden, tepatnya pada Sabtu, 20 Januari 2024. Selaku tuan rumah, PMR WIRA SMAN 1 Baturraden menyiapkan tempat yang digunakan sebagai tempat Latihan Gabungan di ruang aula dan ruang kelas di SMAN 1 Baturraden. Fia Yulike Rahmasari, selaku komandan Zaiseinen mengajak anggota Zaiseinen yang lain untuk turut mengikuti kegiatan Latihan Gabungan ini, tepat setelah undangan dari PMR WIRA SMAN 1 Baturraden diterima oleh pihak Zaiseinen. Terdapat 23 perwakilan yang dikirimkan oleh Zaiseinen, bersama 1 pembina yaitu Farah Faizah, S. Pd atau yang biasa anggota Zaiseinen sapa dengan Bu Farah. Kegiatan Latihan Gabungan ini tentunya didampingi oleh orang-orang dari PMI Banyumas yang dengan riang gembira memberikan materi pelatihan. Materi pelatihan berupa materi Pertolongan Pertama, dan Ayo Siaga Bencana. 

Setelah perjalanan 1 jam dengan bus, akhirnya anggota Zaiseinen tiba di lokasi. Mereka disambut baik oleh beberapa anggota PMR WIRA SMAN 1 Baturraden yang dikenal dengan nama Corsa. Beberapa anggota dari Corsa sudah menunggu di lobi SMAN 1 Baturraden untuk mengucapkan salam dan bertegur sapa dengan anggota Zaiseinen yang baru datang, baru kemudian diarahkan menuju ruang aula. Di ruangan aula, banyak anggota dari Corsa yang sudah menunggu dan memberikan sapaan kepada anggota Zaiseinen. Kegiatan Latihan Gabungan diawali dengan pembacaan rangkaian acara, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PMI. Kemudian sambutan-sambutan dari Pembina PMR WIRA SMAN 1 Baturraden dan dari Pembina PMR WIRA SMAN 1 Ajibarang. Tidak lupa juga dengan pengenalan profil dari PMR WIRA SMAN 1 Baturraden serta pengenalan profil dari PMR WIRA SMAN 1 Ajibarang yang dibawakan oleh masing-masing ketua PMR WIRA. 

Sembari menunggu PMI Banyumas datang, anggota Corsa mengajak anggota Zaiseinen untuk berkeliling dan memperkenalkan lingkungan SMAN 1 Baturraden serta berbagai fasilitas yang ada didalamnya. Selain itu, juga mereka saling berbagi pengalaman dan menyanyi bersama dengan riang. Setelah berkeliling dan kembali ke ruang aula, barulah tiba saatnya pada inti acara yaitu pemberian 2 materi PMR. Masing-masing materi dari kedua materi dipisahkan. Setiap bidang materi terdapat anggota Corsa dan Zaiseinen yang tersebar secara merata dan saling berbaur dibidang materinya masing-masing. Untuk bidang materi Pertolongan Pertama tetap di ruang aula. Sedangkan, untuk bidang materi Ayo Siaga Bencana dilaksanakan di ruang kelas. Kedua anggota PMI Banyumas membawakan materi dengan riang dan gembira serta interaktif, baik kepada anggota Zaiseinen maupun anggota Corsa. 

Di bawah ini akan terlampir keseruan dari Latihan Gabungan antara Zaiseinen dan Corsa.

1) Bidang Pertolongan Pertama

Pada bidang ini terdapat pemberian materi mengenai definisi Pertolongan Pertama, dasar hukum Pertolongan Pertama, apa saja yang harus ada pada tas Pertolongan Pertama, apa dan siapa yang harus ditangani terlebih dahulu, serta tindak penanganan kepada korban seperti pembalutan dan pembidaian. Selain itu, dijelaskan juga mengenai jenis-jenis luka, jenis pembalut dan jenis bidai. Pada sesi terakhir, peserta ditugaskan berpasang-pasangan mempraktikkan bagaimana cara membalut luka yang baik dan benar.

2) Bidang Ayo Siaga Bencana

Di bidang Ayo Siaga Bencana diberikan pemaparan mengenai definisi dan jenis-jenis Bencana serta hal-hal apa saja yang harus dilakukan, baik sebelum, sesudah, dan pada saat terjadinya bencana, serta penanganannya. Selain itu, juga di bidang Ayo Siaga Bencana akan belajar mengenai berbagai bahaya, kerentanan, dan risiko yang ada disekitar kita. Pada bagian terakhir, dari pihak PMI akan memberikan tugas dalam bentuk kelompok yang berisi penugasan untuk menganalisis bahaya, kerentanan, risiko, dan kapasitas serta penugasan mengenai SKS dan peran dari setiap warga sekolah dalam bencana yang kemudian akan dipresentasikan oleh perwakilan kelompok. 

Setelah kegiatan pematerian oleh pihak PMI selesai, baik dari anggota Zaiseinen dan anggota Corsa kembali ke aula untuk makan siang bersama dari snack yang sudah disiapkan oleh anggota Corsa. Kemudian, dilanjutkan dengan Sholat Dzuhur berjamaah. Barulah, setelah semua anggota Zaiseinen dan anggota Corsa kembali ke ruang aula, acara Latihan Gabungan ditutup oleh pembawa acara sebelumnya. Tidak lupa, PMR WIRA SMAN 1 Baturraden mendapatkan hadiah kenang-kenangan berupa plakat dari PMR WIRA SMAN 1 Ajibarang. Untuk mengabadikan momen ini, PMR WIRA SMAN 1 Ajibarang dan PMR WIRA SMAN 1 Baturraden melakukan sesi pengambilan gambar. Pada akhirnya, kegiatan Latihan Gabungan benar-benar usai setelah anggota Zaiseinen berpamitan dengan anggota Corsa dan anggota PMI Banyumas. 



Kegiatan Latihan Gabungan berlangsung dengan lancar dan menyenangkan, memberikan pengalaman dan wawasan baru bagi anggota Zaiseinen dan anggota Corsa. Selain itu, juga dapat saling mengenal dan bekerja sama antarsesama unit PMR WIRA. Banyak kesan dan pesan yang bisa diambil, dari kegiatan ini juga keduanya sama-sama memperoleh pembelajaran yang sangat berarti yang dapat bermanfaat di kemudian hari. Semoga dengan adanya Latihan Gabungan ini dapat pula mempererat tali silaturahmi antara Zaiseinen dan Corsa dan program ini dapat terus berkembang dan menjadi program berkelanjutan. 

Komentar