KESUKSESAN ZAISEINEN MENGIKUTI FESTIVAL JUMBARA XXIX YANG DISELENGGARAKAN OLEH PMI KABUPATEN BANYUMAS

 



 
 PMI Kabupaten Banyumas berhasil menyelenggarakan kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) yang ke-XXIX untuk meningkatkan rasa kemanusiaan, persaudaraan, kreatifitas, inovasi dan sportifitas dalam semangat kebersamaan. Dalam kegiatan JUMBARA XXIX yang dilaksanakan pada tanggal 27-30 Oktober 2023. Terdapat 9 kategori cabang lomba untuk PMR Madya dan Wira. Cabang lomba PMR Wira terdiri; Lomba Cerdas Tangkas (LCT), Game Palangmerah (GP), serta Youth Station terdiri; lomba Pertolongan Pertama (PP), lomba Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), lomba Perawatan Keluarga (PK), lomba Ayo Siaga Bencana (ASB), lomba Gerakan Kepalangmerahan, lomba Kepemimpinan, lomba Sosialisasi Donor Darah Sukarela (DDS). Kegiatan ini melibatkan PMR Mula, Madya dan Wira wilayah kabupaten Banyumas. Tentunya Zaiseinen juga turut meramaikan kegiatan ini.

JUMBARA dimulai dengan acara pembukaan pada tanggal 27 Oktober 2023. Acara ini menjadi momen penting sebagai simbol pembukaan kegiatan jumbara XXIX. Selain itu, pada pembukaan para peserta diberikan motivasi dan semangat dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi JUMBARA. Setelah pembukaan, peserta bidang LCT melakukan babak penyisihan 6 besar pada waktu 16.00 WIB tanggal 27 Oktober 2023.

Pada tanggal 28 Oktober 2023, dilakukan lomba bidang Game Palangmerah (GP) dari PMR Wira. Para peserta GP menghadapi serangkaian tantangan, rintangan dan berbagai pertanyaan yang menguji kemampuan kerjasama tim, kelincahan, serta ketepatan dalam mengevakuasi korban dalam situasi kebencanan.

Setelahnya pada minggu, 29 Oktober 2023, dilakukan lomba bidang Youth Station terdiri beberapa mata lomba yang diikuti PMR Wira dari berbagai kontingen. Para peserta Youth Station mengikuti serangkaian uji pemahaman praktik materi, dan berbagai pertanyaan yang menguji kemampuan kerjasama tim, kesiapan dalam penanganan, kecepatan, serta ketepatan dalam melakukan penyampaian materi yang diberikan pada teman-teman maupun pada dewan juri.

Kegiatan JUMBARA tidak hanya berfokus pada prestasi, kompetisi. Selama berlangsung, Workshop juga diadakan untuk memberikan pengetahuan lebih mendalam tentang berbagai bidang kepada para peserta baik Madya maupun Wira. Acara upacara penutupan diadakan tanggal 30 Oktober 2023 di lapangan PMI Volenteer Edu Park desa Banteran, Sumbang. Pengumuman kejuaraan dilakukan untuk menghargai upaya, kerja keras dan prestasi para peserta. Peserta yang berhasil mencapai hasil terbaik akan mendapatkan penghargaan atas dedikasi dan pengetahuan mereka, serta terdapat pula perolehan juara umum. Selain penilaian prestasi para Juri dari bidang 1 (Bidang Nonprestasi) juga memberikan apresiasi pada juara 1 kontingen terfavorit atas keaktifan dalam JUMBARA.

Hasil pengumuman final, Zaiseinen berhasil memperoleh juara 1 pada kategori bidang PP, juara 2 bidang kepemimpinan serta mendapatkan juara 1 sebagai Kontingen Terfavorit pada tingkat PMR Wira. Pembacaan hasil semua perlombaan ini menjadi momen penutup, di mana semua peserta dan penyelenggara JUMBARA dapat merayakan keberhasilan dan kontribusi mereka dalam membangun kegiatan. JUMBARA membangun relasi antar peserta, memberi pengetahuan dan keterampilan tentang Palang Merah dikalangan pemuda. 

Komentar