KESUKSESAN ZAISEINEN MENGIKUTI KEGIATAN FIRST AID INVITATION YANG DISELENGGARAKAN OLEH KSR UNIT UNSOED

   Bertemakan "Be Smart, Creative, and Competitive to Raise the Spirit of Humanity" KSR PMI Unit UNSOED berhasil menyelenggarakan sebuah kegiatan yang diberi nama First Aid Invitation (FAI) dengan tujuan utama untuk meningkatkan kecerdasan, kreatifitas, dan sportifitas untuk meningkatkan semangat kemanusiaan. Dimana terdapat 4 kategori cabang lomba untuk PMR Wira dan KSR. Untuk cabang lomba PMR Wira terdiri dari lomba Pertolongan Pertama (PP), lomba Cerdas Tangkas (LCT), lomba Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), dan lomba Ayo Siaga Bencana (ASB). Kegiatan ini melibatkan PMR Wira dan KSR se-nasional. Tak mau ketinggalan, Zaiseinen juga turut serta meramaikan kegiatan ini.

   FAI dimulai dengan acara pembukaan pada tanggal 25 Mei 2023. Acara ini menjadi momen penting di mana peserta FAI diperkenalkan dengan tujuan, aturan, dan prosedur kegiatan. Selain itu, pembukaan juga melibatkan motivasi dan semangat dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi FAI. Setelah pembukaan, peserta FAI diberikan waktu hingga tanggal 10 Juni 2023 untuk mengumpulkan karya mereka, dimana dalam babak ini merupakan babak penyisihan yang nantinya akan diambil 6 besar terbaik dari masing-masing cabang lomba. Babak penyisihan ini mendorong peserta untuk berkreasi dan menyampaikan pesan tentang keempat cabang lomba melalui berbagai media, seperti video edukasi dan brosur. Dengan adanya pengumpulan karya, peserta memiliki kesempatan untuk mengekspresikan ide-ide mereka dan berbagi pengetahuan dengancarayangunik.Selainitu,terdapattestertulisdalambabak penyisihan ini. Usaha Zaiseinen menghadapi babak penyisihan tidaklah sia-sia, dibuktikan dengan peserta dari Zaiseinen yang lolos 6 besar di seluruh kategori bidang lomba.

   Pada tanggal 24 Juni 2023, dilakukan babak final yang diselenggarakan di gedung IAB UNSOED yang melibatkan 6 peserta terbaik dari masing-masing bidang lomba dari PMR WIRA. Babak final ini bertujuan untuk menyeleksi peserta yang memiliki pemahaman dan keterampilan terbaik. Para peserta akan menghadapi serangkaian tantangan dan skenario yang menguji kemampuan mereka dalam situasi yang berbeda-beda.

   Kegiatan FAI tidak hanya berfokus pada kompetisi. Selama kegiatan berlangsung, seminar juga diadakan untuk memberikan pengetahuan lebih mendalam tentang 'Self Improvement' kepada peserta dan semua orang yang tertarik untuk mengikuti acara ini. Acara penutupan diadakan tanggal 25 Juni 2023 di Aula Fakultas Kedokteran UNSOED. Pada pengumuman kejuaraan dilakukan untuk menghargai upaya dan prestasi para peserta. Peserta yang berhasil mencapai hasil terbaik akan mendapatkan penghargaan atas dedikasi dan pengetahuan mereka, serta terdapat pula perolehan juara umum. Dari hasil pengumuman final, Zaiseinen berhasil memperoleh juara 3 pada kategori bidang lomba PRS dan ASB, serta mendapatkan peringkat 4 pada kategori bidang lomba PP dan LCT. Closing ceremony akan menjadi momen penutup yang sarat makna, di mana semua peserta dan penyelenggara FAI dapat merayakan keberhasilan dan kontribusi mereka dalam membangun kesadaran.

   FAI melalui partisipasi PMR Wira dan KSR telah berhasil menciptakan momentum penting dalam memasyarakatkan pengetahuan dan keterampilan tentang Palang Merah dikalanga pemuda. Dengan kegiatan ini, diharapkan akan semakin banyak pemuda yang mampu memberikan pertolongan pertama yang tepat dan efektif dalam situasi darurat, sehingga dapat bermanfaat bagi sekitar. 

 

Komentar