LATIHAN GABUNGAN - PMR WIRA SMAN 1 AJIBARANG DAN PMR MBS ZAM-ZAM DENGAN PEMATERI DARI PMI KABUPATEN BANYUMAS

     Baru-baru ini PMR WIRA SMAN 1 Ajibarang atau yang biasa dikenal dengan Zaiseinen telah melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan bersama PMR MBS ZAM-ZAM, tepatnya pada Minggu, 14 Mei 2023. Selaku tuan rumah, PMR MBS ZAM-ZAM menyiapkan tempat yang digunakan sebagai tempat Latihan Gabungan di lapangan Desa Pernasidi. Febri Alfatah, selaku komandan Zaiseinen mengajak anggota Zaiseinen yang lain untuk turut mengikuti kegiatan Latihan Gabungan ini tepat setelah undangan dari PMR MBS Zam-zam diterima oleh pihak Zaiseinen. Terdapat 12 perwakilan yang dikirimkan oleh Zaiseinen, bersama 1 pembina yaitu Ginanjar Arif Widodo atau yang biasa anggota Zaiseinen sapa dengan Mas Abi. Kegiatan Latihan Gabungan ini tentunya didampingi oleh orang-orang dari PMI Banyumas yang dengan riang gembira memberikan materi pelatihan. Materi pelatihan berupa materi Pertolongan Pertama, Ayo Siaga Bencana, dan Pendidikan Remaja Sebaya.

     Setelah sampainya anggota Zaiseinen di lokasi, mereka langsung disambut dengan hangat oleh salah satu pembina PMR MBS ZAM-ZAM, setelah itu baru diarahkan menuju tempat latihan yang dituju. Dimana sudah ada anggota dari PMR MBS ZAM-ZAM yang telah menunggu, baik dari PMR WIRA maupun PMR MADYA. Kegiatan Latihan Gabungan diawali dengan sambutan-sambutan yang diberikan oleh pembawa acara dari PMR MBS ZAM-ZAM, lalu sambutan diikuti oleh perwakilan dari PMI Banyumas.

     Barulah tiba saatnya pada inti acara, yaitu pemberian 3 materi PMR. Masing-masing materi dari ketiga materi dipisahkan. Setiap bidang materi terdapat anggota PMR MBS ZAM-ZAM dan Zaiseinen yang tersebar secara merata dan saling berbaur di bidang materinya masing-masing. Seperti di bagian tengah merupakan bagian pemateri dari Ayo Siaga Bencana yang disampaikan oleh Kak Bagas, lalu di sebelah selatan terdapat pemateri Pendidikan Remaja Sebaya yaitu Kak Dede yang asyik memberikan materinya, dan yang terakhir di sebelah utara pemateri Ayo Siaga Bencana ada pemateri Pertolongan Pertama yaitu Kak Asha dan Kak Aulia yang dengan sabar memberi materi kepada peserta.

Di bawah ini akan terlampir keseruan dari Latihan Gabungan antara Zaiseinen dan PMR MBS ZAM-ZAM.

   1. Bidang Pertolongan Pertama
           Dari bidang Pertolongan Pertama setelah menerima materi mengenai luka terbuka dan luka tertutup, pembidaian, serta penilaian oleh penolong yang disampaikan oleh pemateri, tak lupa pula untuk mengambil potret kebersamaan mereka.

   2. Bidang Ayo Siaga Bencana
           Selanjutnya dari bidang Ayo Siaga Bencana, terlihat jika terdapat pemateri yang sedang menyampaikan materi mengenai bencana alam, dan terdapat juga sesi dimana peserta Latihan Gabungan melakukan presentasi mengenai materi yang telah disampaikan.

   3. Bidang Pendidikan Remaja Sebaya
           Penyampaian materi Pendidikan Remaja Sebaya dilakukan dengan peserta yang melingkari pemateri sambil menyelipkan permainan di dalamnya. Para peserta bernyanyi dan bersenang-senang bersama, namun tetap mendapat ilmu. Hal itu tentunya dapat menambah keseruan peserta dalam menerima materi.

     Setelah para peserta Latihan Gabungan menerima materi dari pemateri PMI Banyumas, kegiatan tersebut tidak langsung ditutup begitu saja, melainkan dari masing-masing bidang berbincang-bincang sambil ditemani dengan suguhan cemilan yang disediakan oleh PMR MBS ZAM-ZAM. Baik dari pemateri PMI Banyumas maupun para peserta saling bertukar pengalaman mereka. Barulah setelah itu, kegiatan ditutup oleh pembawa acara sebelumnya. Tak lupa, PMI Banyumas mendapatkan hadiah kenang-kenangan dari PMR MBS ZAM-ZAM. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pengambilan gambar. Lalu kegiatan Latihan Gabungan benar-benar usai setelah anggota Zaiseinen berpamitan dengan anggota PMR MBS ZAM-ZAM dan anggota PMI Banyumas.

     Meskipun kegiatan Latihan Gabungan ini dapat dibilang cukup lama, namun tak membuat semangat mereka cepat memudar. Banyak kesan dan pesan yang bisa diambil, dari kegiatan ini juga keduanya sama-sama memperoleh pembelajaran yang sangat berarti yang dapat bermanfaat di kemudian hari. Mengingat sebelum adanya kegiatan Latihan Gabungan, dari PMR MBS ZAM-ZAM sudah pernah berkunjung ke SMA NEGERI 1 Ajibarang. Semoga dengan adanya Latihan Gabungan ini dapat pula mempererat tali silaturahmi antara Zaiseinen dan PMR MBS ZAM-ZAM.

Komentar