5 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Tubuh


5 Manfaat Donor Darah  Bagi Kesehatan dan Tubuh

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan – Pada dasarnya, setiap manusia diciptakan sebagai makhluk sosial karena tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian, manusia harus membantu sesamanya untuk mencitrakan dirinya sebagai makhluk sosial.
Salah satu kegiatan sosial yang dapat digunakan untuk membantu sesama adalah dengan melakukan donor darah. Melakukan donor darah merupakan sebagian contoh kecil untuk membantu sesama tanpa uang atau materi. Meskipun hanya memberikan satu liter darah secara rutin dan berkala, tetapi hal tersebut sangat berguna untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Namun, jika diulas lebih jauh lagi ternyata donor darah tak hanya bermanfaat bagi penerima donor saja tetapi juga memberikan banyak manfaat dibidang kesehatan untuk pendonornya.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mendonorkan darah adalah sebagai berikut,

1.Menambah Produksi Sel-sel Darah Merah
Jangan pernah beranggapan bahwa dengan melakukan donor darah dapat menyebabkan produksi sel-sel darah merah menjadi berkurang karena hal itu tidaklah benar, mendonorkan darah justru dapat menambah produksi sel-sel darah merah melalui sumsum tulang belakang yang terus mengisi sel darah merah yang telah hilang.

2.Mencegah Resiko Terkena Penyakit Jantung
Perlu diketahui bahwa sebenarnya penyakit jantung bisa disebabkan kerena tubuh memiliki kelebihan zat besi di dalam darah. Zat besi dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya oksidasi kolesterol sehingga dapat membuat tubuh rentan terkena serangan jantung, oleh karena itu mendonorkan darah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung.

3.Menjadi Lebih Prima, Bugar dan Berenergi
Apabila rutin untuk terus melakukan donor darah, seseorang akan terus lebih segar, bugar, lebih prima dan lebih berenergi meskipun sudah lanjut usia. Hal ini disebabkan karena sel-sel tubuh terus memperbaiki kinerjanya dalam memproduksi sel darah merah yang hilang.

4.Menurunkan Berat Badan
Mendonorkan darah juga berguna untuk menurunkan berat badan karena dengan memberikan darah sekitar 450 ml sama halnya membantu proses pembakaran kalori sekitar 650 gram, sehingga cocok untuk dilakukan oleh orang yang menderita obesitas atau kegemukan.

5.Dapat Mendeteksi Penyakit
Sebelum melakukan donor darah, setiap orang harus memenuhi persyaratan sebagai pendonor sehingga mereka akan diperiksa terlebih dahulu. Pada proses pemeriksaan tersebut dapat diketahui apakah calon pendonor menderita penyakit yang serius atau tidak.
Selain dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, donor darah juga dapat memberikan manfaat psikologi. Hal ini disebabkan karena ketika sudah melakukan donor darah, seseorang akan mengalami kepuasan psikologi dan rasa tenang karena sudah membantu orang lain yang membutuhkan.

Hal penting yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk mendonorkan darah adalah persiapkan mental karena ada sebagian orang yang takut dengan jarum suntik sehingga enggan untuk mendonorkan darahnya. Beristirahatlah dengan cukup dan konsumsi makanan yang bergizi setelah mendonorkan darah. Kemudian, pastikan bahwa dalam keadaan yang benar-benar fit untuk mendonorkan darah dan ketahuilah kapan waktunya menunda untuk tidak menyumbangkan darah. Ada 2 manfaat donor darah yang pertama manfaat donor darah bagi pria  dan yang kedua manfaat donor darah bagi wanita. Untuk manfaat donor bagi pria sendiri akan menyehatkan badan dan tetap bugar sedangkan untuk donor darah bagi wanita bisa menambah kecantikan dan tetap berseri-seri. Sudah kita ketahui bahwa kesehatan itu perlu dijaga agar setiap hari kita selalu sehat dan tetap semangat. Misalkan kita berolah raga secara rutin setiap hari sabtu atau minggu. Baik kita jogging, berenang, ataupun kegiatan yang lainnya. (sumber: http://mistercufflink.com/manfaat-donor-darah.html)


 

Komentar