DIMATA TAK TAMPAK,NAMUN TERKENA DAMPAK

Halo teman teman semua bagaimana kabarnya semoga kita terhindar dari bahaya virus corona.hari ini kita akan membahas tentang covid-19 pasti kalian tau apa itu covid-19 tapi unutk artikel kali ini kita tidak akan membahsa apa itu covid-19 melainkan akibat yang terjadi dari pandemic covid-19 penasaran kan mari kita ulas semua nya diartikel ini.
Covid-19 sebuah penyakit yang menginfeksi hamper semua Negara didunia termasuk Indonesia dan tentunya pandemic covid-19 ini berakibat sangat banyak bagi semua orang dan berakibat bagi semua bidang seperti bidang ekonomi,pendidikan,social budaya,kesehatan,dan keagamaan.berikut penjelasan kami tentang akibat covid-19 di setiap bidang nya:
1.bidang keagamaan.
Agama didunia ini sangat beragam  seperti agama islam,Kristen,hindu,yahudi,dan memilki akibat nya masing masing dibawah ini kita berikan informasi yang lebih rinci mengenai akibat dari masing masing agama:
a.Islam.
Umat Islam berdoa di Masjidil Haram usai dilakukan sterilisasi dari virus corona.Masjidil Haram di Mekah biasanya dipenuhi oleh ribuan peziarah, tetapi jumlah itu kini berkurang drastis.Masjidil Haram telah dibuka kembali usai menjalani sterilisasi, tetapi di sekitar Ka'bah tetap  dipasang penghalang agar orang-orang tidak menyentuhnya.Larangan mengunjungi Mekah dan Madinah juga masih diberlakukan.
Berbagai umat Muslim dari seluruh dunia biasanya datang untuk menjalani ibadah umrah yang berlangsung sepanjang tahun.Kemudian ada sekitar delapan juta umat Muslim menunaikan ibadah haji ke sana setiap tahun.

b.Kristen 
Gereja Katolik mengubah tata cara ibadahnya guna menghindari penyebaran virus corona.Penolakan untuk mengikuti perubahan tata cara ibadah dituding menjadi penyebab pesatnya penyebaran virus corona di Korea Selatan.Kebanyakan orang yang terinfeksi corona di negara itu terkait dengan kelompok Kristen yang disebut Gereja Shincheonji Yesus.Tata cara ibadah dengan duduk berdekatan, diduga menyebabkan virus menyebar lebih cepat di antara jemaat, yang kemudian meluas dan menginfeksi orang lain.Para pemimpin gereja ini juga dituduh menyembunyikan nama-nama anggota jemaat, yang menghambat pihak berwenang mengidentifikasi orang-orang yang terinfeksi sebelum virus itu menyebar pesat.Untungnya, kasus di Korea Selatan unik.Gereja-gereja di seluruh dunia terus mencari cara terbaik untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona dalam pedoman pemerintah.

c.Hindu
Umat Hindu mengenakan masker saat perayaan Holi Uttar Pradesh, India. Perayaan Holi merupakan peringatan kemenangan kebaikan atas kejahatan, serta musim semi, cinta dan kehidupan baru.Sebagai bagian dari perayaan, orang-orang melemparkan bubuk berwarna di udara dan saling melukis wajah.Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengatakan tidak akan ambil bagian dalam perayaan publik Holi kali ini.Ia menyarankan agar orang-orang menghindari pertemuan ramai dan besar.Walau demikian, masih banyak umat Hindu India turun ke jalan merayakan Holi selama akhir pekan, meskipun mereka tetap mengambil tindakan pencegahan, seperti mengenakan masker wajah.Beberapa dari mereka tidak mau mengambil risiko, seperti yang diungkapkan Nicky Singh yang tinggal di Amritsar, di negara bagian Punjab, India.
d. Yahudi
Masih banyak umat Yahudi yang mencium dan menyentuh mezuzah sebelum masuk bangunan atau ruangan.Rabi Jackie berencana untuk memberikan layanan dan pelajaran keagamaan secara daring, metode yang sudah dilakukan banyak sinagog liberal dan reformis.Kepala Rabi Israel David Lau telah mengeluarkan imbauan untuk tidak menyentuh atau mencium mezuzah, yaitu gulungan berisi ayat-ayat agama yang ditempatkan di tiang pintu rumah.Mezuzah biasanya disentuh atau dicium ketika memasuki bangunan atau ruangan.Konferensi rabi Eropa juga telah menyarankan orang untuk tidak mencium barang-barang seperti gulungan Taurat.

2.Bidang kesehatan.
Dengan terlaksananya new  normal terdapat beberapa akibat covid-19 dibidang kesehatan,tentu nya dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya masyarakat harus membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat. Sedangkan dampak negatifnya, kasus positif Covid-19 ini akan melonjak naik. Maka kita harus selalu menjaga kesehatan, misalnya:
 a. Olahraga rutin meski di rumah 
Anda tidak harus berolahraga tiap hari. Berolahragalah minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per sesi. Walaupun New Normal sudah mulai membolehkan Anda menjalankan aktivitas di luar, sebaiknya tetap lakukan olahraga di rumah untuk meminimalisir bertemu banyak orang, sehingga mengurangi risiko tertular virus.
Anda masih bisa lari di rumah menggunakan treadmill atau angkat beban dengan dumbell, atau lari mengelilingi pekarangan rumah. Selain lari dan angkat beban, Anda bisa melakukan olahraga senam, yoga, atau pilates. Anda bisa mengikuti video di youtube atau mengikuti kelas olahraga online yang banyak ditawarkan oleh instruktur.
Olahraga selain untuk kesehatan dan kebugaran, juga bisa menjadi refreshing dan terapi agar tubuh tidak kaku setelah lama bekerja. Anda hanya perlu menyiapkan matras yoga yang sesuai serta pakaian olahraga yang nyaman lalu mengikuti instruktur yoga lewat layar laptop. 

b. Mengonsumsi makanan sehat
Perlu diketahui bahwa 80 persen sel imun ada di saluran pencernaan. Hal tersebut berarti kita harus mengonsumsi makanan bergizi setiap hari. Kita juga harus memastikan kebutuhan serat tercukupi dengan mengonsumsi sayur dan buah. Jika dirasa konsumsi makanan bergizi belum mencukupi kebutuhan gizi Anda, bisa dibantu dengan mengonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh untuk menunjang aktivitas di luar rumah.

c. Meluangkan waktu untuk me time
Pemberlakuan new normal dapat menuntut Anda untuk kembali menjalankan aktivitas, meski di tengah pandemi yang mungkin bisa membuat stres. Stres akan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga dapat menyebabkan sakit. Sehingga memastikan mental atau rohani Anda tetap sehat  perlu dilakukan.

Untuk mengurangi stres, bisa Anda lakukan dengan mengalokasikan sedikit waktu untuk me time. Me time tidak harus keluar rumah atau pergi ke suatu tempat. Anda tetap bisa me time di rumah dengan melakukan hal-hal yang membuat senang.

d. Selalu menjaga kebersihan
Tetaplah jaga kebersihan terutama saat beraktivitas di luar. Usahakan ketika mandi menggunakan sabun anti-bakteri, karena kandungan anti-septiknya dapat memberikan perlindungan dari kuman penyebab penyakit.

Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Selain itu, jagalah selalu kebersihan tangan Anda saat beraktivitas di luar dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. Atau Anda dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen 
e. Tetap patuhi protokol kesehatan 
Anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan ketika berada dikeluar rumah. Selain mengenakan masker dan sering membersihkan tangan, Anda harus tetap menjaga jarak aman dengan sesama. 

3.Bidang pendidikan.
Dalam bidang pendidikan terdapat banyak sekali akibatnya baik itu akibat positif maupun akibat negative diantaranya dapat kita lihat penjelasan berikut ini:
a.dampak positif.
Dampak positif terhadap bidang pendidikan diantaranya banyak sekali situs belajar online yang dapat diakses oleh setiap pelajar seperti Ruang Guru, Rumah Belajar Kemendikbud, Meja kita serta beberapa situs yang bekerja sama dengan Kemendikbud. Kemudian banyaknya acara webminar via Zoom dan Youtube yang dapat diikuti oleh seluruh pelajar di Indonesia. Kemudian pula setiap pelajar dapat dipantau oleh kedua orang tua secara langsung.

b.dampak negative.
Adapun dampak negatif yang dirasakan oleh para pelajar di tengah pandemik Covid-19 ini adalah yang pertama tidak semua pelajar memiliki smartphone untuk melakukan belajar online. Yang kedua wilayah yang jauh dari pusat kota sangat terganggu oleh jaringan yang tidak stabil, sehingga sangat sulit untuk mengikuti belajar online secara bersamaan. Yang ketiga tidak semua pelajar dapat belajar dengan efektif seperti di sekolah karena beberapa faktor seperti tidak konsentrasi, kurang memahami materi dan kurangnya kerjasama orangtua dalam memantau setiap anak untuk belajar di rumah. 

4.Bidang social budaya.
Harus diakui bahwa dampak pandemi Covid-19 telah memaksa komunitas masyarakat harus adaptif terhadap berbagai bentuk perubahan sosial yang diakibatkannya. Ragam persoalan yang ada telah menghadirkan desakan transformasi sosial di masyarakat. Bahkan, bukan tidak mungkin peradaban dan tatanan kemanusiaan akan mengalami pergeseran ke arah dan bentuk yang jauh berbeda dari kondisi sebelumnya. Lebih lanjut, wajah dunia pasca pandemi bisa saja tidak akan pernah kembali pada situasi seperti awalnya.waduh kalau begini kita memang harus bersiap dari sekarang
Kemudian mengenai larangan mudik di masa pandemi ini, akan ada masyarakat yang sadar dan tidak sadar atau abai terhadap larangan tersebut. Ketidaktaatan pada peraturan pembatasan sosial ini yang akan berdampak pada semakin rentannya pandemi ini meluas.

5.Bidang ekonomi.
Berdasarkan data yang kita himpun dari banyak sekali sumber ternyata banyak Negara didunia yang mengalami masalah ekonomi yang sangat berat bahkan ada  beberapa Negara yang masuk kedalam jurang resesi waduh parah yah tapi sebelum lanjut apakah kalian tau resesi itu apa? Resesi adalah penurunan aktivitas-aktivitas ekonomi yang signifikan atau pertumbuhan ekonomi bernilai negative.oke paham kan sekarang apa itu resesi sekarang kita lanjut pembahasannya.
Menurut presiden jokowi dalam pembukaan rapat rakornas “pertumbuhan ekonomi dunia terkoreksi amat tajam dan berjuang agar tidak masuk kedalam jurang resesi.sekali lagi,situasi seperti ini yang tengah dihadapi semua Negara,termasuk Indonesia”ujarnya,selain itu kementrian keuangan telaah mencatat bahwa inflasi dalam negeri per maret 2020 mencapai 2,96% waduh akibatnya besar sekali ya..
Tapi sebelum kita lanjut lagi kalian tau apa itu inflasi? Jadi inflasi adalah kondisi dimana terjadi kenaikan barang atau jasa dalam sebuah Negara seiring dengan waktu. Hemm sejarang paham kan mari kita lanjut.
Selain penjelasan diatas terdapat pula dampak atau akibat COVID-19 lainnya diantara nya adalah sebagai berikut:
a.meluasnya PHK akibat social distancing dan menurunnya permintaan pasar terhadap pabrik.
b.kontraksi PMI manufacturing
c.kinerja impor menurun akibat pembatasan Negara
d.menimbulkan dampak inflasi
e.pembatalan penerbangan domestic dan internasional membuat beberapa maskapai menanggung kerugian
f.menurunnya jumlah wisatawan mancanegara akibat penutupan akses luar negeri
g.kehilangan pendapatan sector layanan udara
h.penurunan okupansi hotel akibat minimnya wisatawan.
i.dan masih banyak lainnya yang tak bisa disebutkan satu persatu.

Baik teman teman ternyata banyak juga ya akibat pandemic ini semoga kita dapat belajar dan mengambil hikmah dari pandemic ini semoga kita selalu berada dalam lindungan yang maha kuasa dan selalu terlindungi dari segala macam marabahaya demikian penjelasan dari kita selebihnya terima kasih dan mohon maaf apabila terdapat kata kata yang kurang berkenan dalam artikel ini terima kasih.
Tunggu artikel selanjutnya dari blog ini yah………
Ingat karena berkarya tidak akan pernah berhenti 


Yuk kenalan lebih jauh bersama Zaiseinen dengan 
Follow Instagram : zaiseinen.smana
Subscribe Youtube : PMR WIRA SMAN 1 AJIBARANG

Komentar