Teknis Peer Youth Education Event (PYEE) V Tingkat Provinsi Jawa Tengah PMR Wira SMA Negeri Ajibarang Tahun 2017

 Teknis
Peer Youth Education Event V
Tingkat Provinsi Jawa Tengah
PMR Wira SMAN Ajibarang
tahun 2017
A. BENTUK KEGIATAN
                1. Simulasi PRS
                2. Game PRS
                3. Lomba Cerdas Cermat (LCC)
                4. Lomba Kampanye PRS Menggunakan Bahasa Jawa Daerah                                                                   Masing-Masing
                5. Lomba Membuat POP UP
B. WAKTU PELAKSANAAN
                Hari, tanggal       : Jumat-Sabtu, 27-28 Januari 2017
                waktu                   : Pukul 14.00 Wib-Selesai
                Tempat                 : Lingkungan Sma Negeri Ajibarang
C. KEJUARAAN
Kegiatan ini memperebutkan :
1. Piala Bergilir Gubernur Provinsi Jawa Tengah untuk Juara Umum
2. Piala Tetap Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah untuk Juara Umum I, II, dan III
3. Piala Tetap untuk juara I, II, III, Harapan I, II, III, Medali dan Piagam untuk setiap mata lomba.
D. FASILITAS
1. Piagam penghargaan/sertifikat
2. Pin kegiatan
3. Id card
4. Layanan air minum
5. Lembar Kegiatan
6. 1x Makan siang
E. PESERTA
Setiap regu terdiri dari 15 (lima belas) orang yang akan didampingi 1 (satu) orang pendamping/pembina dari masing-masing unit PMR SMP/MTs/Sederajat se-Provinsi Jawa Tengah. Setiap unit mengirimkan 1 (satu) regu dan panitia hanya menerima peserta maksimal 35 regu.
F. BENTUK KEGIATAN
MATA LOMBA
1. LOMBA SIMULASI PRS
     a) Peserta
       Peserta lomba simulasi PRS adalah 2 orang peserta dari tiap regu yang bukan peserta     dari             Lomba Kampanye, Lomba Membuat Pop Up, Lomba Cerdas Cermat, Game PRS, Baksos, dan            Workshop Pengelolaan Sampah.
     b) Perlengkapan dan Peralatan
          Perlengkapan dan peralatan disediakan oleh peserta (alat peraga).
     c) Teknis
       Peserta melakukan Simulasi PRS sesuai dengan tema yang harus disampaikan.
       Tema :  1. Kekerasan pada anak 
2. Video blog (VLOG)
3. Pergaulan bebas
       Tema akan diundi pada saat technical meeting.
       Waktu yang disediakan maksimal 30 menit dengan distribusi 2 menit persiapan, 25 menit simulasi,dan 3 menit evaluasi kecil.
       Alat dan bahan pendukung materi simulasi disiapkan oleh peserta.
       Simulasi PRS akan terbagi menjadi 4 (empat) jalur. Setiap jalur ada 1 juri , 10  audience, dan 1 pendamping.
       Disediakan tempat steril yang digunakan sebagai tempat pendaftaran ulang.
       Simulasi PRS dibagi menjadi 6 kloter. Setiap kloter terdiri dari 4 tim untuk memasuki ruangan yang berbeda.
       Jika tim urutan selanjutnya saat dipanggil ( tiga ) kali tidak hadir maka diganti oleh tim nomor urut yang ada di bawahnya.
       Setiap kontingen akan melakukan Simulasi PRS sesuai dengan nomor urutan yang telah ditentukan pada saat temu teknis.
     d)  Penilaian
                Penilaian berdasarkan sistem grid.
     e) Pelaksanaan Kegiatan
                Hari, Tanggal      : Sabtu, 28 Januari 2017
                Waktu                   : 07.30-12.00 WIB
                Tempat                : Ruang Simulasi PRS 1,2,3 dan 4


2. GAME PRS
a)      Peserta
                Peserta Game PRS adalah 5 orang peserta dari tiap regu yang bukan peserta Lomba Simulasi PRS, Lomba Kampanye, Lomba Membuat Pop Up, Lomba Cerdas Cermat, peserta Workshop dan peserta Bakti Sosial.
b)   Perlengkapan dan Peralatan
                Perlengkapan dan Peralatan disediakan oleh panitia.
c) Teknis
       Peserta lomba GP diikuti oleh 5 orang peserta yang bukan merupakan peserta perlombaan lain.
       Materi lomba berpedoman pada buku pedoman pendidikan remaja sebaya (PRS) keluaran PMI Pusat.
       Waktu yang disediakan untuk praktik maksimal 15 menit (2 menit persiapan, 10 menit pelaksanaan, dan 3 menit evaluasi).
       Lomba terbagi menjadi 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semi final, dan final.
       Sistem lomba GP menggunakan sistem kompetisi seperti pada lomba lari.
       Seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa hit, setiap hit terdiri dari 4 regu (4 lintasan).
       Penentuan hit dan lintasan berdasarkan undian pada saat Temu Teknis.
       Peserta yang akan mengikuti perlombaan datang ke lokasi perlombaan tepat waktu.
       Peserta yang akan mengikuti perlombaan diwajibkan untuk mengantre sesuai dengan urutan yang telah ditentukan pada saat Temu Teknis.
       Peserta yang sedang mengantre untuk mengikuti perlombaan dipersilahkan untuk menunggu di lapangan atau meninggalkan tempat dengan syarat harus siap pada saat perlombaan akan dimulai.
       Peserta yang dipanggil sebanyak 3 kali ( 1x 5 menit)  apabila peserta tidak datang, maka peserta beserta hitnya akan dilompati oleh hit selanjutnya dan akan mendapat hit paling akhir.
       Peserta diwajibkan untuk mengisi daftar hadir sebelum mengikuti perlombaan.
       Peserta yang telah mengisi daftar hadir dipersilahkan untuk mengikuti perlombaan.
       Peserta akan diberi 25 jawaban di mana 5 jawaban di antaranya  sebagai pengecoh.
       Peserta akan menjawab 20 pertanyaan yang tersebar di sepanjang lintasan.
       Peserta lomba gp akan melewati 5 rintangan yang meliputi melompati meja, merayap, melompati ban secara zig-zag, melewati jaring laba-laba, dan balap karung.
       Lomba Game PRS memperebutkan juara 1, 2, 3, Harapan 1,2 dan 3.
       Pemenang dalam suatu pertandingan didapat berdasarkan nilai tertinggi.
       Apabila terjadi nilai yang sama  pemenang akan ditentukan berdasarkan waktu tercepat. Namun, apabila masih terdapat nilai dan waktu yang sama maka pemenang ditentukan berdasarkan posisi terakhir pada saat  waktu habis dan pemenangnya adalah peserta yang memiliki posisi paling dekat dengan garis finish.
 d) Pelaksanaan Kegiatan
        Hari, Tanggal      : Sabtu, 28 Januari 2017
        Waktu                  : 07.30–13.00 (maksimal)
 Tempat                 : Lapangan Luar SMA Negeri Ajibarang/ GOR SATRIA SMANA (Alternatif)
e) Penilaian
                Penilaian berdasarkan sistem grid.
3. Lomba Cerdas cermat
            a)      Peserta
               Peserta lomba cerdas cermat adalah 3 orang peserta dari tiap regu yang bukan peserta lomba              game PRS, lomba simulasi PRS, lomba kampanye berbahasa daerah masing-masing, lomba                 membuat pop up, bakti sosial, dan workshop pengelolaan sampah.
            b) Perlengkapan dan Peralatan
                Peserta menyediakan alat tulis masing-masing, untuk lembar jawab disediakan oleh panitia
            c) Teknis Lomba
       Lomba cerdas cermat akan memperebutkan juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3.
       Waktu kegiatan dilaksanakan pada hari jum'at untuk babak penyisihan dan hari sabtu untuk babak final.
       Peserta lomba memakai seragam PMR.
       Materi lomba LCC terdiri dari  Pendidikan  Remaja Sebaya (PRS), kepalangmerahan, dan Hukum Perikemanusiaan  Internasional (HPI) dan kepemimpinan. Materi dapat diunduh di blog kami zaiseinen29.blogspot.com
       Lomba dibagi menjadi 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.
       Dalam penentuan juara umum, presentase nilai untuk Lomba Cerdas Cermat sebesar 25% dari total keseluruhan nilai.
Babak Penyisihan
       Babak penyisihan diikuti oleh 3 peserta dari tiap regu.
       Waktu pelaksanaan babak penyisihan pada hari jumat pukul 14.30 s.d selesai.
       Babak penyisihan berada di kelas Ruang Penyisihan LCC 1,4,5 sesuai no. Urut masing - masing kontingen.
       Setiap regu yang terdiri dari 3 orang akan mengerjakan soal yang sama secara individu di dalam ruangan yang berbeda.
       Waktu mengerjakan soal maksimal120 menit.
       Nilai dari 3 peserta babak penyisihan akan diakumulasikan  untuk menentukan 4 regu yang lolos ke babak final.
                Alur tata tertib babak penyisihan sebagai berikut :
  1. Sebelum memasuki ruangan peserta mengisi daftar hadir dan masuk kedalam ruangan   yang telah disediakan  sesuai dengan no urut kontingen masing-masing.
  2. Peserta tidak diperbolehkan membawa alat bantu dan catatan dalam bentuk apapun yang melanggar peraturan.
  3. Selama perlombaan  berlangsung  peserta tidak diperkenankan meminjam alat lomba dan bekerja sama dengan pesera lain.
  4. Selama mengerjakan soal, peserta dilarang melakukan kecurangan dalam bentuk apapun
  5. Peserta hanya diperkenankan  membawa alat tulis.
  6. Total soal 100 nomor untuk masing-masing peserta, apabila benar mendapat nilai 1, dan apabila salah mendapat nilai 0.
  7. Waktu dipertimbangkan apabila terdapat kesamaan nilai.
  8. Bagi peserta yang melanggar  ketentuan  perlombaan maka akan diberi peringatan.
  9. Peranturan yang belum tercantum, akan disampaikan sewaktu-waktu.
                Babak Final
       Babak final  dibagi menjadi tiga babak yaitu babak wajib, babak lemparan, dan babak rebutan.
       Untuk menentukan regu A, B, C, dan D beserta paket soal berdasarkan sistem undian.
       Waktu pelaksanaan babak final pada hari sabtu pukul 07.30 s.d selesai di ruang babak final.
       Babak final diambil dari 4 regu terbaik dari babak penyisihan.
       Masing-masing kontingen diperbolehkan membawa suporter, dengan catatan tidak mengganggu peserta saat lomba berlangsung.
                Tata cara lomba cerdas cermat babak wajib :
  1. Pertanyaan wajib sebanyak 10 soal tiap regu, dan diberi waktu 10 detik untuk menjawab masing-masing soal.
  2. Yang dapat menjawab soal hanya juru bicara dari regu tersebut.
  3. Nilai benar 100 dan nilai salah 0.
  4. Dalam babak lemparan setiap regu akan menjawab 10 soal. Apabila regu tersebut  tidak bisa menjawab, maka akan di lempar ke regu yang selanjutnya begitu seterusnya. Dengan nilai benar 100 nilai salah 0.
  5. Dalam babak rebutan  juri akan memberi 5 soal dimana setiap regu akan berebut untuk menjawab soal tersebut  dengan cara menekan bel yang telah disediakan panitia. Regu tercepat yang menekan bel berhak menjawab soal tersebut dengan nilai benar 100 nilai salah minus 50.
  6. Juri memiliki hak mutlak untuk menentukan regu yang berhak menjawab soal tersebut.
  7. Apabila terdapat regu yang menekan bel sebelum pembacaan selesai maka regu tersebut dapat menjawab tanpa ada pengulangan pembacaan soal.
  8. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4. Kampanye  bahasa  daerah  masing-masing
      a)      Peserta
                Peserta lomba kampanye merupakan 1 orang dari peserta dari tiap regu yang bukan dari              Lomba Simulasi PRS, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Membuat Pop Up, dan Lomba Game             PRS, Bakti Sosial, dan Workshop pengelolaan sampah.
             b) Perlengkapan dan Peralatan
                Perlengkapan dan Peralatan disediakan oleh peserta.
              c) Teknis
       Perlengkapan dan peralatan disediakan oleh peserta.
       Peserta melakukan kampanye menggunakan bahasa daerah masing-masing sesuai dengan tema yang harus disampaikan.
       Peserta berkampanye dengan tema Jateng Gayeng”.
       Waktu yang disediakan maksimal 5 menit termasuk persiapan dan pelaksanaan Lomba Kampanye.
       Teks diserahkan kepada juri melalui panitia sebelum tampil.
       Audiens adalah peserta lomba kampanye dari kontingen lain.
       Kriteria penilaian meliputi :
    - Kesesuaian dengan tema
    - Kreativitas
    - Penggunaan bahasa yang komunikatif
    - Gestur
         Lomba kampanye sebagai salah satu faktor untuk menentukan juara umum dengan              prosentase  12,5%.
         Juri ditentukan oleh panitia yang ahli dalam bidangnya.
         Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu guga
f) Pelaksanaan Kegiatan
                Hari, Tanggal      : Sabtu, 28 Januari 2017
                Waktu                   : 07.30–11.00
                Tempat                : Lapangan Dalam SMA Negeri Ajibarang
5. Membuat  Pop  Up
Pop up merupakan sebuah kartu/buku yang ketika dibuka dapat menampilkan bentuk 3D/ timbul.
     a) Peserta
Peserta lomba membuat pop up adalah 1 orang peserta dari tiap regu yang bukan peserta lomba kampanye, lomba cerdas cermat, lomba game PRS, lomba simulasi PRS, Baksos, dan Workshop Pengelolaan Sampah.
    b) Perlengkapan dan peralatan
Perlengkapan dan peralatan disediakan oleh peserta. Semua perlengkapan lomba boleh dalam keadaan berpola (tidak berwarna) dan belum dipotong. Tema “ SAVE PMI”.
    c) Waktu pelaksanaan
Hari/Tanggal : Sabtu, 28 januari 2017
Waktu            : Pukul 08.30 s.d selesai
    d) Tempat Pelaksanaan
Ruang Pop Up I dan 2
   5. Teknis
       Peserta melakukan daftar ulang di depan ruangan lomba (Ruang Pop Up 1 dan 2). Daftar ulang dilaksanakan dengan sistem 2 jalur.
       Saat melakukan daftar ulang, dilakukan pengecekan alat dan bahan oleh panitia.
       Peserta wajib datang ke tempat perlomban tepat waktu. Jika ada peserta yang datang terlambat  peserta tersebut diperbolehkan masuk ke ruang lomba, namun tidak ada penambahan waktu.
       Pop up dibuat diatas buku portofolio yang apabila dibuka menjadi berukuran A3, dan hanya dalam 1 halaman buku.
       Kertas untuk bahan pembuatan pop up diperbolehkan menggunakan kertas putih maupun kertas warna.
       Identitas peserta ditulis pada bagian cover depan buku dengan format sebagai berikut:
           Nama                               : ...............................
           Nomer kontingen            : ...............................
           Sumber                             : ...............................
       Peserta melaksanakan lomba di dalm ruangan, dengan ukuran kapling masing-masing peserta seluas 1,8 meter x 1,5 meter.
       Karya tidak diperkenankan mengandung unsur sara (suku, ras, agama), dan  pornografi.
       Waktu maksimal 3 jam.
       Karya alat peraga pop up akan menjadi hak milik panitia.
       Jika ide karya pop up diambil dari sumber lain, maka pesetra wajib mencantumkan sumbernya.
       Selama perlombaan berlangsung peserta dilarang :
q  Menggunakan pilok.
q  Mengganggu peserta lain.
q  Berbuat kecurangan dalam bentuk apapun.
       Peserta wajib menaati peraturan yang berlaku. Jika melanggar akan dikenakan sangsi dari panitia.
       Penilaian meliputi:
q  Alat dan bahan,
q  Proses,
q  Hasil : estetika, kebersihan dan kerapian, kesesuaian tema, kreativitas, dan waktu (diperhitungkan apabila ada kesamaan nilai).
q  Dalam penentuan juara umum, presentase nilai untuk lomba membuat pop up sebesar 12,5 % dari total keseluruhan nilai.
       Tim juri ditentukan oleh panitia yang ahli di bidangnya.
       Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
NON LOMBA
6. Bakti sosial
   a) Peserta
                Peserta bakti sosial adalah 1 (satu) orang peserta dari tiap regu yang bukan peserta         kegiatan lomba maupun workshop pengelolaan sampah.
   b) Perlengkapan dan Peralatan
                Perlengkapan dan peralatan disediakan seluruhnya oleh panitia.
   c) Pelaksanaan Kegiatan
                Hari, Tanggal      : Sabtu, 28 Januari 2017
                Waktu                   : 07.30–11.00 WIB
                Tempat                : Masih dalam survei
   d) Bentuk kegiatan bakti sosial
       Sosialisasi dan interaksi.
       Penyuluhan.
       Bermain bersama.
       Memberi bingkisan.
       Penanaman pohon.
       Penyerahan kenang-kenangan
       Foto bersama.
   e) Alat Dan Bahan
                Untuk alat dan bahan akan disediakan oleh panitia.
7. Workshop
       Peserta Workshop Pengelolaan Sampah diikuti oleh 2 orang peserta yang bukan merupakan peserta perlombaan lain.
       Perlengkapan dan peralatan disediakan oleh panitia.
       Workshop dilaksanakan pada hari Jumat, pada pukul 14.30 -16.30 WIB.
       Peserta yang mengikuti Workshop Pengeloaan Sampah akan dipandu dari fasilitator dari tim. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyumas dan Tim Sekolah Adiwiyata.
       Workshop dibagi menjadi 2 tahap yaitu pematerian dan praktik.
       Peserta workshop akan dikumpulkan di ruang TRRC untuk mengikuti sosialisasi terlebih dahulu.
       Peserta akan dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari:
       Kelompok 1 akan belajar tentang proses pembuatan pupuk cair dan biodigester.
       Kelompok 2 akan belajar tentang kompos dan daur ulang (pencacahan plastik dan sampah daun).
       Peserta akan diberi sertifikat workshop yang ditandatangani oleh BLH Kabupaten Banyumas.



Komentar