Teknis Peer Youth Education Event (PYEE) V Tingkat Provinsi Jawa Tengah PMR Wira SMA Negeri Ajibarang Tahun 2017
Teknis
Peer Youth
Education Event V
Tingkat Provinsi Jawa Tengah
PMR Wira SMAN Ajibarang
tahun 2017
Tingkat Provinsi Jawa Tengah
PMR Wira SMAN Ajibarang
tahun 2017
A. BENTUK KEGIATAN
1.
Simulasi PRS
2. Game
PRS
3.
Lomba Cerdas Cermat (LCC)
4.
Lomba Kampanye PRS Menggunakan Bahasa Jawa Daerah Masing-Masing
5.
Lomba Membuat POP UP
B. WAKTU PELAKSANAAN
Hari,
tanggal :
Jumat-Sabtu, 27-28 Januari 2017
waktu : Pukul 14.00 Wib-Selesai
Tempat :
Lingkungan Sma Negeri Ajibarang
C. KEJUARAAN
Kegiatan
ini memperebutkan :
1. Piala Bergilir Gubernur Provinsi Jawa Tengah untuk Juara Umum
2. Piala Tetap Ketua PMI Provinsi Jawa
Tengah untuk Juara Umum I, II, dan III
3. Piala Tetap
untuk juara I, II, III,
Harapan I, II, III, Medali dan
Piagam untuk
setiap mata lomba.
D. FASILITAS
1. Piagam
penghargaan/sertifikat
2. Pin
kegiatan
3. Id card
4. Layanan
air minum
5. Lembar
Kegiatan
6. 1x Makan siang
E. PESERTA
Setiap regu terdiri dari 15 (lima belas) orang yang akan
didampingi 1 (satu) orang pendamping/pembina dari masing-masing unit PMR
SMP/MTs/Sederajat se-Provinsi Jawa Tengah. Setiap unit mengirimkan 1 (satu)
regu dan panitia hanya menerima peserta maksimal 35 regu.
F. BENTUK KEGIATAN
MATA LOMBA
1. LOMBA SIMULASI PRS
a) Peserta
Peserta lomba simulasi PRS adalah 2 orang peserta dari tiap
regu yang bukan peserta dari Lomba Kampanye, Lomba Membuat Pop Up, Lomba Cerdas Cermat, Game PRS, Baksos, dan Workshop Pengelolaan Sampah.
b) Perlengkapan dan Peralatan
Perlengkapan dan peralatan disediakan
oleh peserta (alat peraga).
c) Teknis
• Peserta melakukan Simulasi PRS sesuai dengan tema yang harus disampaikan.
• Tema : 1. Kekerasan pada anak
2. Video blog (VLOG)
3. Pergaulan bebas
• Tema akan diundi pada saat technical
meeting.
• Waktu yang disediakan maksimal 30
menit dengan distribusi 2 menit persiapan, 25 menit simulasi,dan 3 menit
evaluasi kecil.
• Alat dan bahan pendukung materi
simulasi disiapkan oleh peserta.
• Simulasi PRS akan terbagi menjadi 4 (empat) jalur. Setiap
jalur ada 1 juri , 10 audience, dan 1 pendamping.
• Disediakan tempat steril yang
digunakan sebagai tempat pendaftaran ulang.
• Simulasi PRS dibagi menjadi 6 kloter. Setiap kloter terdiri dari
4 tim untuk memasuki ruangan yang berbeda.
• Jika tim urutan selanjutnya saat
dipanggil ( tiga ) kali tidak hadir maka diganti oleh tim nomor urut yang ada
di bawahnya.
• Setiap kontingen akan melakukan Simulasi PRS sesuai dengan nomor urutan yang telah
ditentukan pada saat temu teknis.
d) Penilaian
Penilaian berdasarkan sistem grid.
e) Pelaksanaan Kegiatan
Hari,
Tanggal : Sabtu, 28 Januari 2017
Waktu : 07.30-12.00 WIB
Tempat : Ruang Simulasi PRS 1,2,3 dan 4
2. GAME PRS
a) Peserta
Peserta
Game PRS adalah 5 orang peserta dari tiap regu yang bukan peserta Lomba Simulasi
PRS, Lomba Kampanye, Lomba Membuat Pop Up, Lomba Cerdas Cermat, peserta Workshop
dan peserta Bakti Sosial.
b)
Perlengkapan dan Peralatan
Perlengkapan
dan Peralatan disediakan oleh panitia.
c) Teknis
• Peserta
lomba GP diikuti oleh 5 orang peserta yang bukan merupakan peserta perlombaan
lain.
• Materi
lomba berpedoman pada buku pedoman pendidikan remaja sebaya (PRS) keluaran PMI
Pusat.
• Waktu
yang disediakan untuk praktik maksimal 15 menit (2 menit persiapan, 10 menit
pelaksanaan, dan 3 menit evaluasi).
• Lomba
terbagi menjadi 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semi final, dan final.
• Sistem
lomba GP menggunakan sistem kompetisi seperti pada lomba lari.
• Seluruh
peserta akan dibagi menjadi beberapa hit, setiap hit terdiri dari 4 regu (4
lintasan).
• Penentuan
hit dan lintasan berdasarkan undian pada saat Temu Teknis.
• Peserta
yang akan mengikuti perlombaan datang ke lokasi perlombaan tepat waktu.
• Peserta
yang akan mengikuti perlombaan diwajibkan untuk mengantre sesuai dengan urutan
yang telah ditentukan pada saat Temu Teknis.
• Peserta
yang sedang mengantre untuk mengikuti perlombaan dipersilahkan untuk menunggu
di lapangan atau meninggalkan tempat dengan syarat harus siap pada saat
perlombaan akan dimulai.
• Peserta
yang dipanggil sebanyak 3 kali ( 1x 5 menit)
apabila peserta tidak datang, maka peserta beserta hitnya akan dilompati
oleh hit selanjutnya dan akan mendapat hit paling akhir.
• Peserta
diwajibkan untuk mengisi daftar hadir sebelum mengikuti perlombaan.
• Peserta
yang telah mengisi daftar hadir dipersilahkan untuk mengikuti perlombaan.
• Peserta
akan diberi 25 jawaban di mana 5 jawaban di antaranya sebagai pengecoh.
• Peserta
akan menjawab 20 pertanyaan yang tersebar di sepanjang lintasan.
• Peserta
lomba gp akan melewati 5 rintangan yang meliputi melompati meja, merayap, melompati
ban secara zig-zag, melewati jaring laba-laba, dan balap karung.
• Lomba
Game PRS memperebutkan juara 1, 2, 3, Harapan 1,2 dan 3.
• Pemenang
dalam suatu pertandingan didapat berdasarkan nilai tertinggi.
• Apabila
terjadi nilai yang sama pemenang akan
ditentukan berdasarkan waktu tercepat. Namun, apabila masih terdapat nilai dan
waktu yang sama maka pemenang ditentukan berdasarkan posisi terakhir pada
saat waktu habis dan pemenangnya adalah
peserta yang memiliki posisi paling dekat dengan garis finish.
d) Pelaksanaan Kegiatan
Hari,
Tanggal : Sabtu, 28 Januari 2017
Waktu : 07.30–13.00 (maksimal)
Tempat : Lapangan Luar SMA Negeri
Ajibarang/ GOR SATRIA SMANA (Alternatif)
e) Penilaian
Penilaian
berdasarkan sistem grid.
3. Lomba Cerdas cermat
a)
Peserta
Peserta lomba cerdas cermat adalah 3
orang peserta dari tiap regu yang bukan peserta lomba game PRS, lomba simulasi
PRS, lomba kampanye berbahasa daerah masing-masing, lomba membuat pop up, bakti sosial, dan
workshop pengelolaan sampah.
b) Perlengkapan dan Peralatan
Peserta
menyediakan alat tulis masing-masing, untuk lembar jawab disediakan oleh
panitia
c) Teknis Lomba
• Lomba cerdas cermat akan
memperebutkan juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3.
• Waktu kegiatan dilaksanakan pada
hari jum'at untuk babak penyisihan dan hari sabtu untuk babak final.
• Peserta lomba memakai seragam PMR.
• Materi lomba LCC terdiri dari Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), kepalangmerahan, dan Hukum Perikemanusiaan
Internasional
(HPI) dan kepemimpinan. Materi dapat diunduh di blog kami zaiseinen29.blogspot.com
• Lomba dibagi menjadi 2 babak, yaitu
babak penyisihan dan babak final.
• Dalam
penentuan juara umum, presentase nilai untuk Lomba Cerdas Cermat sebesar 25%
dari total keseluruhan nilai.
Babak
Penyisihan
• Babak penyisihan diikuti oleh 3
peserta dari tiap regu.
• Waktu pelaksanaan babak penyisihan
pada hari jumat pukul 14.30 s.d selesai.
• Babak penyisihan berada di kelas Ruang
Penyisihan LCC 1,4,5 sesuai
no. Urut masing - masing kontingen.
• Setiap regu yang terdiri dari 3
orang akan mengerjakan soal yang sama secara individu di dalam ruangan yang
berbeda.
• Waktu mengerjakan soal maksimal120 menit.
• Nilai dari 3 peserta babak penyisihan akan diakumulasikan untuk menentukan 4 regu yang lolos ke babak
final.
Alur tata tertib babak penyisihan
sebagai berikut :
- Sebelum memasuki ruangan
peserta mengisi daftar hadir dan masuk kedalam ruangan yang telah disediakan sesuai
dengan no urut kontingen masing-masing.
- Peserta tidak diperbolehkan
membawa alat bantu dan catatan dalam bentuk apapun yang melanggar
peraturan.
- Selama perlombaan berlangsung peserta tidak diperkenankan meminjam
alat lomba dan bekerja sama dengan pesera lain.
- Selama
mengerjakan soal, peserta dilarang melakukan kecurangan dalam bentuk
apapun
- Peserta hanya
diperkenankan membawa alat tulis.
- Total
soal 100 nomor untuk masing-masing peserta, apabila benar mendapat nilai
1, dan apabila salah mendapat nilai 0.
- Waktu
dipertimbangkan apabila terdapat kesamaan nilai.
- Bagi peserta yang
melanggar ketentuan perlombaan maka akan diberi peringatan.
- Peranturan
yang belum tercantum, akan disampaikan sewaktu-waktu.
Babak Final
• Babak final dibagi menjadi tiga babak yaitu babak wajib,
babak lemparan, dan babak rebutan.
• Untuk menentukan regu A, B, C, dan D beserta
paket soal berdasarkan sistem
undian.
• Waktu pelaksanaan babak final pada
hari sabtu pukul 07.30 s.d selesai di ruang babak final.
• Babak final diambil dari 4 regu
terbaik dari babak penyisihan.
• Masing-masing kontingen
diperbolehkan membawa suporter, dengan catatan tidak mengganggu peserta saat
lomba berlangsung.
Tata cara lomba cerdas cermat babak
wajib :
- Pertanyaan wajib sebanyak 10
soal tiap regu, dan diberi waktu 10 detik untuk menjawab masing-masing
soal.
- Yang dapat menjawab soal hanya juru bicara dari regu tersebut.
- Nilai benar 100 dan nilai salah
0.
- Dalam babak lemparan setiap regu
akan menjawab 10 soal. Apabila regu tersebut
tidak bisa menjawab, maka akan di lempar ke regu yang selanjutnya
begitu seterusnya. Dengan nilai benar 100 nilai salah 0.
- Dalam babak rebutan juri akan memberi 5 soal dimana setiap regu akan
berebut untuk menjawab soal tersebut
dengan cara menekan bel yang telah disediakan panitia. Regu tercepat yang menekan bel
berhak menjawab soal tersebut dengan nilai benar 100 nilai salah minus 50.
- Juri memiliki hak mutlak untuk
menentukan regu yang berhak menjawab soal tersebut.
- Apabila terdapat regu yang
menekan bel sebelum pembacaan selesai maka regu tersebut dapat menjawab
tanpa ada pengulangan pembacaan soal.
- Keputusan
juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4. Kampanye
bahasa daerah masing-masing
a)
Peserta
Peserta lomba kampanye merupakan 1
orang dari peserta dari tiap regu yang bukan dari Lomba Simulasi PRS, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Membuat Pop Up, dan Lomba Game PRS, Bakti Sosial, dan Workshop pengelolaan sampah.
b)
Perlengkapan dan Peralatan
Perlengkapan
dan Peralatan disediakan oleh peserta.
c) Teknis
• Perlengkapan dan peralatan disediakan
oleh peserta.
• Peserta melakukan kampanye
menggunakan bahasa daerah masing-masing sesuai dengan tema
yang harus disampaikan.
• Peserta berkampanye dengan tema “Jateng Gayeng”.
• Waktu yang disediakan maksimal 5
menit termasuk persiapan dan pelaksanaan Lomba Kampanye.
• Teks
diserahkan kepada juri melalui panitia sebelum tampil.
• Audiens adalah peserta lomba kampanye
dari kontingen lain.
•
Kriteria
penilaian meliputi :
- Kesesuaian
dengan tema
- Kreativitas
- Penggunaan
bahasa yang komunikatif
- Gestur
•
Lomba
kampanye sebagai salah satu faktor untuk menentukan juara umum dengan prosentase 12,5%.
•
Juri ditentukan oleh panitia yang ahli dalam
bidangnya.
•
Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat
diganggu guga
f) Pelaksanaan Kegiatan
f) Pelaksanaan Kegiatan
Hari,
Tanggal : Sabtu, 28 Januari 2017
Waktu : 07.30–11.00
Tempat : Lapangan Dalam SMA Negeri
Ajibarang
5. Membuat
Pop Up
Pop up merupakan sebuah kartu/buku yang ketika dibuka
dapat menampilkan bentuk 3D/ timbul.
a) Peserta
Peserta lomba membuat pop up adalah 1 orang peserta dari
tiap regu yang bukan peserta lomba kampanye, lomba cerdas cermat, lomba game
PRS, lomba simulasi PRS, Baksos, dan Workshop Pengelolaan Sampah.
b) Perlengkapan dan peralatan
Perlengkapan dan peralatan disediakan oleh peserta. Semua
perlengkapan lomba boleh dalam keadaan berpola (tidak berwarna) dan belum
dipotong. Tema “ SAVE PMI”.
c) Waktu pelaksanaan
Hari/Tanggal : Sabtu, 28 januari 2017
Waktu : Pukul 08.30 s.d selesai
d) Tempat Pelaksanaan
Ruang Pop Up I dan 2
5. Teknis
• Peserta
melakukan daftar ulang di depan ruangan lomba (Ruang Pop Up 1 dan 2). Daftar
ulang dilaksanakan dengan sistem 2 jalur.
• Saat
melakukan daftar ulang, dilakukan pengecekan alat dan bahan oleh panitia.
• Peserta
wajib datang ke tempat perlomban tepat waktu. Jika ada peserta yang datang
terlambat peserta tersebut diperbolehkan
masuk ke ruang lomba, namun tidak ada penambahan waktu.
• Pop
up dibuat diatas buku portofolio yang apabila dibuka menjadi berukuran A3, dan
hanya dalam 1 halaman buku.
• Kertas
untuk bahan pembuatan pop up diperbolehkan menggunakan kertas putih maupun
kertas warna.
• Identitas
peserta ditulis pada bagian cover depan buku dengan format sebagai berikut:
Nama :
...............................
Nomer kontingen :
...............................
Sumber :
...............................
• Peserta
melaksanakan lomba di dalm ruangan, dengan ukuran kapling masing-masing peserta
seluas 1,8 meter x 1,5 meter.
• Karya
tidak diperkenankan mengandung unsur sara (suku, ras, agama), dan pornografi.
• Waktu
maksimal 3 jam.
• Karya
alat peraga pop up akan menjadi hak milik panitia.
• Jika
ide karya pop up diambil dari sumber lain, maka pesetra wajib mencantumkan
sumbernya.
• Selama
perlombaan berlangsung peserta dilarang :
q Menggunakan
pilok.
q Mengganggu
peserta lain.
q Berbuat
kecurangan dalam bentuk apapun.
• Peserta
wajib menaati peraturan yang berlaku. Jika melanggar akan dikenakan sangsi dari
panitia.
• Penilaian
meliputi:
q Alat
dan bahan,
q Proses,
q Hasil
: estetika, kebersihan dan kerapian, kesesuaian tema, kreativitas, dan waktu
(diperhitungkan apabila ada kesamaan nilai).
q Dalam
penentuan juara umum, presentase nilai untuk lomba membuat pop up sebesar 12,5
% dari total keseluruhan nilai.
• Tim
juri ditentukan oleh panitia yang ahli di bidangnya.
• Keputusan
juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
NON LOMBA
6. Bakti sosial
a) Peserta
Peserta
bakti sosial adalah 1 (satu) orang peserta dari tiap regu yang bukan peserta kegiatan lomba maupun workshop
pengelolaan sampah.
b)
Perlengkapan dan Peralatan
Perlengkapan
dan peralatan disediakan seluruhnya oleh panitia.
c) Pelaksanaan Kegiatan
Hari,
Tanggal : Sabtu, 28 Januari 2017
Waktu : 07.30–11.00 WIB
Tempat : Masih dalam survei
d) Bentuk kegiatan bakti sosial
• Sosialisasi dan interaksi.
• Penyuluhan.
• Bermain bersama.
• Memberi bingkisan.
• Penanaman pohon.
• Penyerahan kenang-kenangan
• Foto bersama.
e) Alat Dan Bahan
Untuk alat dan bahan akan disediakan oleh
panitia.
7. Workshop
• Peserta Workshop Pengelolaan Sampah diikuti oleh 2 orang peserta yang bukan
merupakan peserta perlombaan lain.
• Perlengkapan dan peralatan
disediakan oleh panitia.
• Workshop dilaksanakan pada hari Jumat, pada pukul 14.30 -16.30 WIB.
• Peserta yang mengikuti Workshop Pengeloaan Sampah akan dipandu dari fasilitator dari tim. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyumas dan Tim Sekolah Adiwiyata.
• Workshop dibagi menjadi 2 tahap
yaitu pematerian dan praktik.
• Peserta workshop akan dikumpulkan di
ruang TRRC untuk mengikuti sosialisasi terlebih dahulu.
• Peserta akan dibagi menjadi 2
kelompok yang terdiri dari:
• Kelompok 1 akan belajar tentang proses pembuatan
pupuk cair dan biodigester.
• Kelompok 2 akan belajar tentang kompos dan daur
ulang (pencacahan plastik dan sampah daun).
• Peserta
akan diberi sertifikat workshop yang ditandatangani oleh BLH Kabupaten
Banyumas.
Komentar
Posting Komentar